Kamis, 17 Maret 2011

Pengalaman Service Acer Aspire 4520 Mati Total

Belakangan ini Saya menerima service Acer 4520, setelah coba-coba di cek nggak ketemu-ketemu di mana letak permasalahnnya. Setelah sekian lama Saya tinggalkan tuh service an laptop, akhirnya rasa mood untuk mencobanya datang kembali. Langsung saja Saya coba bongkar lagi sambil muter-muter sama mbah google di internet akhirnya Saya mendapat pencerahan dari Bpk Udi Bahru tentang Acer 4520 ini. Berikut analisa beliau tentang Acer 4520, bahwa ........

Download E-Booknya disini

Memang ada bug di tipe ini, khususnya masalah di VGA nvidia nya. ditambah lagi Processor AMD Turion yang cenderung panas

Gejala dan penanganannya :
  • Led power menyala tidak tampil
Selain masalah umum (memory atau processor) yang paling sering terjadi adalah masalah vga nya, terkadang melemahnya ic eeprommer sebagai pendukung bios.
  • Penanganan :
Permasalahan VGA dapat di atasi dengan pengantian chip atau reball (mengganti bola2 pondasi chip). Untuk melemahnya ICe eprommer dengan memanaskan ic up to 100’c terkadang befungsi kembali walaupun bersifat temporer.
  • Led power flash/hidup sebentar langsung mati
Gejala ini terjadi akibat melemahnya PA penguat processor/vga. Terkadang longgarnya soket processor (kedudukan soket)dapat pula menjadi penyebab.
  • Penanganan :
Penggantian PA soket processor (terkadang dengan mengganti processor) terjadi adaptasi penguat (P.A) dapat menyelesaikan masalah.tapi lebih murah melakukan penggantian penguat2nya daripada mengganti processor itu sendiri
  • Blank Putih
Gejala ini terjadi diakibatkan conector cable longgar, cable, kedudukan conector, yang terberat adalah kerusakan pada LCD atau ic splitter di mainboardnya.
  • Penanganan :
Mengencangkan conector, mengganti cable, resoldering conector.yang terberat adalah mengganti LCD atau ic spliter pada mainbordnya.
  • Optical drive undetect (nggak Kedeteksi)
Gejala ini terjadi akibat optical component yang rusak, conector (dua arah baik yang di optical device atau yang ada pada mainboard) atau IO controller pada mainboard sudah lemah.
  • Penanganan :
Dengan mengganti optical, resoldering conector atau mengganti IO chip pada mainboard
  • Solusi bagi anda yang memiliki Acer Aspire 4520 mati total adalah :
  1. Diservice (Biaya rendah, resiko kambuh lagi tinggi)
  2. Mengganti mainboard (Biaya mahal, resiko mati lagi lebih kecil asalkan board bukan hasil reparasi)
  3. Menjualnya setelah direparasi agar harga tidak jatuh
Saran untuk Anda yang memiliki tipe ini dan masih normal, kami menyarankan anda untuk membeli cooling pad yang bagus dan tidak menggunakannya dalam waktu terlalu lama di lingkungan panas. Selain itu membawa ke tempat service untuk minta cleaning juga membantu menurunkan suhu untuk memperpanjang usia laptop anda (Udi Bahru)

Setelah Saya membaca tulisan nya beliau langsung saja Saya sarankan pada konsumen untuk mengganti mainboardnya. Eh... ternyata dia bersedia, langsung saja Saya cariin tuh mainboard, dapat dengan harga Rp. 2.600.000 (mahal sekali). Selesai juga akhirnya tuh service an Laptop Yang Terpendam.....

0 komentar:

Poskan Komentar