Rabu, 29 Desember 2010

Mengatasi Masalah VGA pada Compaq V3000


Pernah mengalami masalah pada laptop Compaq V3000? punya Anda sendiri atau mungkin konsumen Anda? Ya..Laptop type keluaran Compaq dengan label V3000 ini memang sedikit bermasalah pada VGAnya. Pada saat power dipencet, led power nyala dan led led lain nyala, tetapi pada lcd tidak tampak apa apa alias blank!.

Di mana masalahnya?
Kalau biasanya paad PC desktop, jika ditemukan indikator seperti di atas, masalah terdapat pada VGA cardnya. (baik yg OB maupun yang tidak). Di Laptop ini juga ternyata sama yakni pada VGA nya. Bedanya adalah kalau di PC desktop Anda tinggal melepas VGA Card yang rusak dari slotnya kemudian menggantinya dengan yang normal, selesai!

Tapi lain halnya di Laptop pada umumnya, dan khsusnya type Compaq v3000 ini. Tentu Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan, yakni seputar VGA. Dan untuk menemukan VGA di V3000 ini tidak mudah, karena seluruh komponen harus terlepas lebih dulu. Batery, LCD, Optical, Kayboard, HD Memory, Wifi card dan seterusnya, sampai akhirnya baru ditemukan letak chipset VGA nya.


Gambar komponen V3000 dibongkar total

S o l u s i !
Lihat gambar berikut:


Gambar bagian chipset pada motherboard V3000


Perhatikan posisi chipset VGA dengan label Nvidia, terutama pada pendingin alumunium yang menjadi satu bersebelahan dengan pendingin processor. Bagian pendingin yang untuk processor menonjol dan menempel langsung dengan processor. Tapi pada bagian yang untuk VGA tidak menempel!!. tetapi dari pabriknya diganjal dengan semacam karet atau gabus yang ada pastanya.

Ternyata disinilah masalahnya. Chipset VGA jadi sangat panas saat bekerja, terutama pada saat untuk graphic berat, seperti main game dan 3d aplikasi. Terjadi over heat atau panas yg berlebihan yang disebabkan oleh kinerja pendingin yg tidak maksimal.




Bagian chipset pada lempengan pendingin

Memaksimalkan Pendingin VGA
Agar laptop kesayangan kembali menyala, yang harus dilakukan adalah mengganjal dengan potongan besi atau alumunium atau apa saja yang dapat menghantarkan dingin pada sela antara chipset VGA dengan lempengan pendingin. itu saja! Jangan lupa bersihkan terlebih dahulu semua sisa pasta dan ganti dengan pasta yang baru secara merata.

Pemanasan ulang/ Blower
Sebelum melakukan pengganjalan, bagian chipset pada motherboard, harus diblower ulang. Hal ini sebaiknya dilakukan oleh profesional atau malah akan merusak motherboardnya, dan tamatlah riwayat V3000 Anda!!


Laptop menyala, VGA kembali berfungsi dengan baik

Terimakasih semoga bermanfaat!

0 komentar:

Poskan Komentar