Kamis, 17 Maret 2011

Cara Recovery BIOS HP Pavilion DV4, CQ40 dan C700

Kemarin Saya baru saja menggarap Compaq CQ40-717TU yang MATI dengan lampu led power dan wifi tetap nyala. Sebelumnya Saya juga sudah pernah menggarap Compaq CQ40 - 653TU yang MATI juga dengan kerusakan yang sama. Saya sudah mencoba dan berhasil.

Matinya laptop CQ40 ini disebabkan oleh downgrade BIOS yang mengalami kegagalan sehingga terjadi kerusakan di BIOS laptopnya. Dan akibatnya Laptop Mati tidak keluar tampilan dengan led power dan wifi tetap menyala. Jangan Panik dulu, jika Sobat mengalami hal ini, tapi bagaimanapun Saya dulu juga panik bagaimana ya…..? Ok silahkan dibaca saja ya ...........

Cara Recovery BIOS HP Pavilion DV4, CQ40 dan C700 :
Download BIOS di situs resminya. PENTING : BIOS harus sama persis, misalnya CQ40-717TU, berarti anda harus download BIOS CQ40-717TU. Dan CQ40-717TU tidak sama dengan CQ40-717TX. Kalo untuk laptop CQ40 anda dapat mendownloadnya disini , Biasanya judul filenya "WinFlash for HP Notebook System BIOS - Microsoft Windows-Based"
Siapkan Flasdisk kosong, kalo kemarin saya menggunakan flashdisk 2Gb Kingston. Ingat kosngkan dulu flashdisk anda agar prosesnya nanti berjalan lancar.
Extract file BIOS hasil download yang berupa .exe dengan menggunakan program WinRar atau 7ZIP.
Cari file yang berekstensi .FD misalnya 30F7F04.FD, pilih salah satu (biasanya ada 4 file dengan ekstensi .FD), misalnya saya memilih 30F7F04.FD. Kemudian sisakan 4 huruf pertama yaitu 30F7 kemudian tambahi dengan ekstensi . BIN sehingga menjadi 30F7.BIN.
Jadi file 30F7F04.FD menjadi 30F7.BIN, kemudian simpan file 30F7.BIN itu ke flashdisk.
Lepaskan CHARGER dan BATERAI dari laptop. Ingat baterai harus di lepas.
Colokkan flashdisk yg ada file xxxx.BIN
Tekan dan tahan tombol keyboard Windows dan B
Pasang Charger, tombol Windows dan B jangan di lepas dulu.
Nyalakan laptop dengan menekan tombol power Laptop
Tahan tombol windows dan B sampai terdengar bunyi “ beep ”, kemudian lepaskan kedua tombol itu. Laptop secara otomatis mencari BIOS asli ini ditandai dengan led flashdisk yg kedip2x.
Bunyi beep akan terdengar berulang tiap 2 detik, biarkan saja, laptop akan mati sendiri secara otomatis setelah selesai merestore / merecovery BIOS.
Selesai. Untuk mencobanya nyalakan laptop seperti biasanya dengan hanya menekan tombol powernya.
Jika anda mengalami kegagalan, coba lagi dan coba dengan flashdisk yang lain, ingat…… flashdisk harus kosong untuk memudahkan laptop mencari file BIOS yang akan di restore atau direcovery.

Selamat mencoba …......

0 komentar:

Poskan Komentar